Chery Omoda 5 diganjar bintang 5 dari Australian New Car Assessment Program (ANCAP) di Australia. Omoda 5 sendiri jadi model pertama dari Chery yang sudah resmi dijual di pasar Australia pada Maret 2023 lalu.

Hasil uji tabrak ANCAP didapatkan beberapa hasil, mulai dari skor 87 persen untuk Perlindungan Penghuni Dewasa, 88 persen untuk Perlindungan Penghuni Anak, 68 persen untuk Perlindungan Pengguna Jalan, dan 83 persen untuk Bantuan Keselamatan.

Peringkat keamanan ANCAP bintang 5 dijelaskan sebagai komitmen Chery terhadap keunggulan dalam keselamatan otomotif dan memastikan perlindungan maksimal bagi pelanggannya dan pengguna jalan lainnya. ANCAP sendiri dikenal dengan evaluasi keselamatan kendaraan yang ketat dan independen melakukan penilaian untuk menentukan kinerja keselamatan pada sebuah mobil.

omoda 5 ANCAP

“Kami sangat bangga menerima peringkat keamanan ANCAP bintang 5 yang prestisius untuk model terbaru kami. Keselamatan ada prioritas utama Chery dan pengakuan ini menggarisbawahi komitmen kami yang tak tergoyahkan untuk menghadirkan kendaraan yang memenuhi standar keselamatan tertinggi dan memberikan ketenangan pikiran bagi pelanggan kami,” kata Andy Zhang, Managing Director Chery Motor Australia lewat keterangan resminya.

Sebelumnya, Chery Omoda 5 juga telah mendapatkan bintang 5 uji tabrak Euro New Car Assessment Program (ENCAP). Dijelaskan, bila Omoda 5 merengkuh ‘hasil tertinggi’ dalam Perlindungan Penumpang Dewasa dengan skor 87 persen, lalu Perlindungan Penumpang Anak sebesar 87 persen. Mobil ini juga diganjar skor 88 persen di bagian safety assist dan 68 persen untuk vulnerable road users.

 

Sekilas Chery Omoda 5

Sebagai informasi di Indonesia Chery Omoda 5 dibekali jantung pacu 1.5L TCI Turbocharger 4-silinder bertransmisi otomatik 9 CVT dengan Electronic Shifter. Rancang itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 145 Hp dan torsi puncak 230 Nm.

Menariknya varian termurah alias Omoda 5 Z sudah dilengkapi dengan Active Drive Safety Assist (ADAS) meliputi 11 fungsi. Lengkapnya seperti di bawah ini.

  • Automatic Emergency Brake
  • Integrated Cruise Assist
  • Car Lead Departure Sign
  • Traffic Jam Assist
  • Front Collision Warning
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Emergency Lane Keeping
  • Blind Spot Warning
  • Lane Departure Warning
  • Adaptive Cruise Control
  • Lane Departure Prevention.

Omoda 5

Khusus Omoda 5 varian tertinggi yakni RZ telah disematkan dengan 8 speaker garapan Sony, Door Mirror Heating, Acoustic Glass, Intelligent Voice Assistant, Sequential LED Turning Light, Ventilated Seat, hingga peranti Ambient Light 64 warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik.

Terkait harganya, Chery Omoda 5 trim Z dijual dengan harga Rp334.800.000 dan untuk varian paling tinggi yakni RZ diniagakan Rp404.800.000. Seluruh banderol yang diset sudah berstatus on the road (OTR) wilayah Jakarta.